Selasa, 01 Mei 2012

Sistem Ekonomi Pasar Bebas atau Liberal

Sistem Ekonomi Pasar Bebas atau Liberal
            Sistem ini diakui oleh sarjana ekonomi Barat sebagai yang paling ideal secara teoritis, tidak di dalam tataran praksis.
            Ekonomi pasar bebas adalah perekonomian yang kegiatannya sepenuhnya diatur oleh interaksi antara pembeli dan penjual di pasar. Landasan dari sistem ini adalah keyakinan bahwa apabila setiap unit pelaku ekonomi diberikan kebebasan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang akan memberikan keuntungan pada dirinya, maka pada waktu yang sama masyarakat akan memperoleh keuntungan juga.
            Pada sistem ekonomi pasar bebas ini pemerintah sama sekali tidak campur tangan dan tidak berusaha mempengaruhi kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat. Seluruh sumber daya yang tersedia dimiliki dan dikuasai oleh anggota-anggota masyarakat, dan mereka mempunyai kebebasan untuk menentukan bagaimana sumber daya tersebut akan digunakan.
            Pada perekonomian pasar (market economic),  pasarlah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan.
            Karakteristik sistem perekonomian ini adalah (1) adanya kepemilikan swasta atas aset produksi (tanah, pabrik, mesin, peralatan dan sebagainya) dan memperoleh jaminan hukum atas kepemilikan tersebut, (2) free-enterprise dan kompetitif yang mempunyai daya tembus ke dalam pasar, (3) penjualan produksi komersial yang berlebih lebihan di dalam pasar-pasar yang kompetitif (kebalikan dari produksi subsisten yang dapat meliputi pemilikan oleh swasta), dan (4) pengesampingan tingkah laku konsumen (behavioral objective) dalam rangka memaksimalisasi laba bagi produsen serta pemuasan bagi konsumen.
            Sumber daya produksi dan barang ekonomi serta jasa dialokasikan dan didistribusikan diantara berbagai aktivitas dan penggunaan oleh apa yang dikenal sebagai mekanisme pasar di dalam masyarakat kapitalis.
            Mekanisme pasar atau kadang disebut sistem harga juga menghasilkan alokasi sumber daya secara efisien dan pertumbuhan ekonomi. Karakteristik dari mekanisme pasar adalah: (1) keputusan mengenai apa, dimana, bagaimana, dan berapa banyak barang yang dikonsumsi, dilakukan oleh unit-unit ekonomi yang sifatnya individual, (2) unit-unit individual tersebut mendasarkan keputusannya pada alternatif-alternatif yang tersedia sebagaimana direfleksikan oleh harga-harga pasar untuk barang-barang dan jasa-jasa serta sumber daya yang masing-masing saling berhadapan muka, tetapi tidak dapat saling mempengaruhi, dan (3) harga-harga ditentukan oleh kekuatan permintaan (demand) dan penawaran (supply) semua barang dan jasa serta sumber daya produktif dan menyesuaikan dengan perubahan permintaan dan/atau penawaran.
            Harga dalam hal ini berfungsi memberikan informasi kepada unit-unit ekonomi individual yang kemudian dijadikan dasar keputusan dan merupakan sember, langsung atau tidak langsung, pendapatan (income) seseorang dan perusahaan.
            Model kapitalisme murni terletak pada persaingan sempurna dan peran tangan tidak kelihatan (invisible hand). Model ekonomi ini beranggapan bahwa seluruh proses produksi dan konsumsi berada di bawah kondisi persaingan sempurna, produsen selalu berupaya memaksimalkan kepuasan sesuai dengan harga yang ditetapkan.
            Selanjutnya jika masing-masing unit ekonomi individual berusaha mengejar kepentingannya sendiri maka tindakannya akan dipengaruhi oleh tangan tidak kelihatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jadi mengejar tercapainya kepentingan pribadi di dalam sistem kapitalisme dianggap untuk meningkatkan kepentingan nasional.
            Paham ekonomi liberal kebanyakan digunakan oleh negara-negara di Benua Eropa dan Amerika. Beberapa negara yang menganut paham liberal di Asia adalah India, Israel, Jepang, Korea Selatan, Filipina, Taiwan, Thailand dan Turki. Saat ini banyak  negara-negara di Asia yang mulai berpaham liberal, antara lain adalah Hong Kong, Malaysia, dan Singapura. Australia dan Selandia Baru juga menganut sistem liberal.
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar